Pengantar E - Business
1. Apa yang dimaksud dengan
e-Business ?
E-business (Inggris: Electronic
Business, atau “E-business”) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer.
Istilah e-business pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO
perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan
dengan menggunakan teknologi Internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem
pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan
fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik. E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi
eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor
pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk
mendesain kembali proses internalnya.
Sumber :
(http://research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/download/4725/3057,
diakses tanggal 29 Januari 2012)
Berikut ini merupakan gambar
ruang lingkup e-Business
(http://flearn.uksw.edu/course/view.php?id=1146)
2.
Apa
yang dimaksud dengan e-Commerce ?
e-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya.
E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,
sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
3.
Jelaskan
hubungan antara e-Business dan e-Commerce!
e-Commerce adalah bagian dari e-Business karena adanya
penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya
untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan
Sumber :
(research.amikom.ac.id%2Findex.php%2FKIM%2Farticle%2Fdownload%2F4796%2F3123&ei=Q6kHUaz_FMKsrAeb44CADw&usg=AFQjCNHi47nhaKUD-5ru_ac0S5Igr2gTsA&sig2=0EMFQ6rHsbcKbNRvcZuZ1A)
- Jelaskan keunggulan dan manfaat e-Business !
Dalam mengimplementasikan konsep
e-business, terlihat jelas bahwa meraihkeunggulan kompetitif (competitive
advantage) jauh lebih
mudah dibandingkan mempertahankannya. Secara teoritis hal tersebut dapat
dijelaskan karena adanya karakteristik sebagai berikut:
·
Pada
level operasional, yang terjadi dalam e-business adalah restrukturisasidan redistribusi
dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali bagi
perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses;
·
Berbeda dengan
bisnis konvensional dimana
biasanya sebuah kantor beroperasi 8 jam sehari, di dalam
e-business (internet), perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari
seminggu dan 24 jam sehari,karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor akan
mudah menyaingiperusahaan terkait;
• Berjuta-juta
individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan yang
terkoneksi di internet,
sehingga sangat mudah
bagi mereka untuk pindah-pindah perusahaan dengan biaya yang sangat
murah (rendahnya switching cost);
• Fenomena
jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan
berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol
kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap
sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam kontrol
perusahaan; dan
• Mekanisme perdagangan
terbuka dan pasar
bebas (serta teori
perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di dunia
internet, sehingga seluruh dampak atau
dalil-dalil sehubungan dengan
kondisi market semacam itu
berlaku terjadi di dunia maya.
Indrajit, DR. Richardus Eko.,___,
Konsep Dan Aplikasi E-Business,[pdf]
Sumber:(http://materi.uniku.ac.id/Ebook/DISC%204%20-%20KUMPULAN%20EBOOK/REI%20eBook-ElectronicBusiness.pdf)
5. Jelaskan bagaimana pengaruh perkembangan TI terhadap e-Business!
5. Jelaskan bagaimana pengaruh perkembangan TI terhadap e-Business!
Peranan teknologi informasi akan
sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental
dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Pengaruh dan peranan
TI terhadap perkembangan bisinis online
di antaranya adalah:
TI
yang dapat memudahkan penyebaran informasi mampu
Mengembangkan
bisnis online ke berbagai
wilayah di dunia. seperti e-commerce yang
digunakan oleh perusahaan penjual buku, musik, video,permainan dan barang
elektronik
Banyaknya
tenaga ahli dalam bidang TI juga membantu menumbukan bisnis online di internet.
Dengan
banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami
perbaikan sistem. Bisnis online tadinya sangat rentan dengan
penyadapan kartu kredit yang menyebabkan ketidaktertarikan konsumen
terhadap
bisnis ini. Namun dengan adanya perbaikan sistem, maka kerahasiaan
identitas
konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat kembali percaya membeli
keperluannya di perusahaan bisnis online.
Bisnis online
banyak digemari karena fleksibilitasnya.
Seseorang
tidak harus berada di tokonya untuk menunggu pelanggan, namun dengan komputer
dan konektivitasnya sudah dapat menjual produknya ke seluruh negara. Pembeli
pun tidak harus capek-capek keluar untuk membeli keperluannya, karena dengan
hanya membeli secara online,
barang pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.
Koneksi internet yang semakin mudah dan
terjangkau akibat kemajuan TI juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online.
(J.
Djawil, 1991, Sistem Informasi untuk
Manajemen Modern, Edisi 3,Erlangga, Jakarta.)
Berdasarkan
jawaban sebelumnya, silahkan Anda menjawab pertanyaan berikut ini :
-
Apa
saja manfaat e-Business bagi perusahaan dan berikan contoh bagaimana
penerapannya pada perusahaan-perusahaan di Indonesia (minimal 3 contoh) !
Manfaat e-Business bagi perusahaan Indonesia :
a. memberikan
alternatif dan efisiensi ruang dan waktu dalam proses pengimplementasian dari
semua perancangan yang telah di buat dan proses kinerja tiap karyawan terutama
dalam unit perusahaann yang sangat besar yang tersebar di banyak wilayah.
b. mempercepat
proses bisnis dan menghilangkan atau mengurangi kesalahan-kesalahan yang
menyebabkan kerugian seperti inkonsistensi data diantara unit-unit dalam
perusahaan.
c. meningkatkan
produktivitas di area supply chain, manufacturing dan pengadaan produk.
d. meningkatkan
pelayanan kepada customers yang semakin memperkuat daya saing karena tingkat
penggunaaan media internet oleh customers di Indonesia yang begitu besar.
e. membantu
perusahaan mempercepat development dan mensimulasikan peluang bisnis baru.
(Sumber : Majalah SWA Sembada Edisi
Januari 2010 )
Contoh penerapan konsep e-Business
perusahaan di Indonesia :
a.
PT Allianz
Utama Indonesia
Perseroan ini bergerak di bidang asuransi. Berbagai macam
bentuk persaingan yang sudah berkembang di industri asuransi di Indonesia. PT
Allianz mulai menerapkan konsep e-Business dalam perusahaannya yang berusaha
mengoptimalkan kinerja bisnisnya yaitu melakukan terobosan baru dengan
mengimplementasikan e-Partner Application.
e-Partner Application adalah aplikasi e-Business
berbasis teknologi client server dengan penggunaan relational database SQL
Server 2008 dan Windows Server 2008 untuk menghubungkan semua channel
distribusi secara online real-time yang
terintegrasi dengan semua ekosistem TI Asuransi Allianz Utama Indonesia.
Terobosan ini memiliki tujuan nyata dalam mendukung time to market yang lebih cepat yaitu
kecepatan dalam peluncuran produk ke pasar, bisa complaint dengan regulasi ataupun standar industri, pelayanan yang
lebih baik kepada nasabah melalui operational
excellence, mengurangi kompleksitas proses kerja dan Total cost of Ownership dan mewujudkan sistem yang standar sesuai
dengan tuntutan regulasi dan industri serta dalam proses mencetak, menerbitkan
dan mengirimkan polis ke nasabah yang sebelumnya dalam hitungan hari sekarang
bisa diselesaikan dalam hitungan menit.
Penggunaan e-Partner lebih mengarah ke konteks
strgategi bukan pemanfaatan TI semata karena lebih mengacu pada Allianz Global
IT Strategy. Ada 3 pilar strategy yaitu revunue
yang didasarkan pada konektivitas dengan pelanggan, profitabilitas yang
didasarkan pada integrasinya dengan para mitra bisnis, dan produktivitas yang
didasarkan pada pemberdayaan karyawan.
Bukti dari penggunaan konsep e-Business semakin
diperbaharui yang mengikuti arus perkembangan IT telah berhasil meningkatkan
produksi 158,6% di atas target awal (Rp. 75 miliar menjadi Rp. 119,2 miliar)
dan penambahan 13,22% kontribusi dari Total Gross written Premium 2007 serta
telah menjadi 3ST Winner dalam Indonesia Best E-Corp 2009.
(Sumber : Majalah SWA Sembada Edisi
Januari 2010 )
b. PT.
SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk Indonesia
a. Lebih dikenalnya perusahaan ini di kalangan masyarakat yang
akhirnya dapat memperluas pangsa pasar
perusahaan (sarana promosi).
b. Adanya peningkatan citra perusahaan di mata pasar.
c. Terbukanya kesempatan untuk memperoleh investor lain, selain
meningkatkan kepercayaan investor lama.
d. Timbulnya sikap kecintaan produk dan loyalitas dari konsumen,
yang berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan akibat efek domino dari
promosi yang dilakukan melalui website.
e. Perusahaan dapat menyampaikan berbagai informasi kepada semua
pihak yang berkepentingan dengan cepat,
tepat dan efisien.
f. Perusahaan memperoleh kemudahan dalam proses rekruitmen karyawan.
http://staff.uny.ac.id
c. Air
Asia
Maskapai penerbangan
terdepan Asia dibangun berdasar impian untuk memungkinkan semua orang dapat
menikmati layanan penerbangan. Sejak tahun 2001, AirAsia langsung mengubah
norma-norma perjalanan di dunia, dan muncul menjadi yang terbaik. Dengan
jaringan rute yang membentang di lebih dari 20 negara, , AirAsia terus membuka
jalan bagi penerbangan berbiaya terjangkau lewat solusi inovatif, proses
efisien dan pendekatan yang baru dalam usaha ini. Bersama anak-anak perusahaan
seperti AirAsia X, Thai AirAsia, Indonesia AirAsia, Philippines’ AirAsia Inc
dan AirAsia Jepang, kami siap membawa penerbangan berharga terjangkau ke puncak
pencapaian dengan keyakinan kami bahwa "Sekarang, Semuanya Dapat
Terbang".
Manfaat e-bisnis
terhadap perusahaan maskapai AIR ASIA antara lain :
1. Memungkinkan para calon penumpang untuk melakukan
reservasi melalui website secara online.
2. Pemasaran melalui internet (jejaring sosial, website,
newsletter, ads, dan lain sebagainya) dapat membuat promo menjadi lebih efektif
menarik para calon penumpang.
3. Nama perusahaan yang semakin dikenal masyarakat (citra
Air Asia sebagai maskapai lokal maupun antar negara yang sangat terjangkau)
melalui pemasaran di Internet.
4. Memungkinkan para penumpang melakukan check-in dengan
menggunakan web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar