Sabtu, 27 September 2014

PENGANTAR E-BUSSINES

1.      Apa yang dimaksud dengan e-Business ?
E-business (Inggris: Electronic Business, atau “E-business”) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan  menggunakan sistem informasi komputer. Istilah e-business pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-business memungkinkan suatu  perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.
Sumber :
(http://research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/download/4725/3057, diakses tanggal 29 Januari 2012)

Berikut ini merupakan gambar ruang lingkup e-Business

(http://flearn.uksw.edu/course/view.php?id=1146)
2.      Apa yang dimaksud dengan e-Commerce ?
e-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
3.      Jelaskan hubungan antara e-Business dan e-Commerce!
e-Commerce adalah bagian dari e-Business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan
Sumber :
(research.amikom.ac.id%2Findex.php%2FKIM%2Farticle%2Fdownload%2F4796%2F3123&ei=Q6kHUaz_FMKsrAeb44CADw&usg=AFQjCNHi47nhaKUD-5ru_ac0S5Igr2gTsA&sig2=0EMFQ6rHsbcKbNRvcZuZ1A)

  1. Jelaskan keunggulan dan manfaat e-Business !

Dalam mengimplementasikan konsep e-business, terlihat jelas bahwa meraihkeunggulan  kompetitif  (competitive  advantage)  jauh  lebih  mudah dibandingkan mempertahankannya. Secara teoritis hal tersebut dapat dijelaskan karena adanya karakteristik sebagai berikut:
·        Pada level operasional, yang terjadi dalam e-business adalah restrukturisasidan redistribusi dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses;
·        Berbeda  dengan  bisnis  konvensional  dimana  biasanya  sebuah  kantor beroperasi 8 jam sehari, di dalam e-business (internet), perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari,karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor akan mudah menyaingiperusahaan terkait;
   Berjuta-juta individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan  yang  terkoneksi  di  internet,  sehingga  sangat  mudah  bagi mereka untuk pindah-pindah perusahaan dengan biaya yang sangat murah (rendahnya switching cost);
       Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara  kompetitif, sehingga  kontrol  kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan; dan
     Mekanisme  perdagangan  terbuka  dan  pasar  bebas  (serta  teori  perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di dunia internet, sehingga seluruh  dampak  atau  dalil-dalil  sehubungan  dengan  kondisi  market semacam itu berlaku terjadi di dunia maya.
Indrajit, DR. Richardus Eko.,___, Konsep  Dan  Aplikasi E-Business,[pdf]
Sumber:(http://materi.uniku.ac.id/Ebook/DISC%204%20-%20KUMPULAN%20EBOOK/REI%20eBook-ElectronicBusiness.pdf)


5. Jelaskan bagaimana pengaruh perkembangan TI terhadap e-Business!
Peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisinis online di antaranya adalah:
TI yang dapat memudahkan penyebaran informasi mampu
Mengembangkan bisnis online ke berbagai wilayah di dunia. seperti e-commerce yang digunakan oleh perusahaan penjual buku, musik, video,permainan dan barang elektronik
Banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI juga membantu menumbukan bisnis online di internet.
Dengan banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami perbaikan sistem. Bisnis online tadinya sangat rentan dengan penyadapan kartu kredit yang menyebabkan ketidaktertarikan konsumen terhadap bisnis ini. Namun dengan adanya perbaikan sistem, maka kerahasiaan identitas konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat kembali percaya membeli keperluannya di perusahaan bisnis online.
 Bisnis online banyak digemari karena fleksibilitasnya.
            Seseorang tidak harus berada di tokonya untuk menunggu pelanggan, namun dengan komputer dan konektivitasnya sudah dapat menjual produknya ke seluruh negara. Pembeli pun tidak harus capek-capek keluar untuk membeli keperluannya, karena dengan hanya membeli secara online, barang pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.
 Koneksi internet yang semakin mudah dan terjangkau akibat kemajuan TI juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online.
(J. Djawil, 1991, Sistem Informasi untuk Manajemen Modern, Edisi 3,Erlangga, Jakarta.)
Berdasarkan jawaban sebelumnya, silahkan Anda menjawab pertanyaan berikut ini :
-       Apa saja manfaat e-Business bagi perusahaan dan berikan contoh bagaimana penerapannya pada perusahaan-perusahaan di Indonesia (minimal 3 contoh) !
Manfaat e-Business bagi perusahaan Indonesia :
a. memberikan alternatif dan efisiensi ruang dan waktu dalam proses pengimplementasian dari semua perancangan yang telah di buat dan proses kinerja tiap karyawan terutama dalam unit perusahaann yang sangat besar yang tersebar di banyak wilayah.
b.  mempercepat proses bisnis dan menghilangkan atau mengurangi kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kerugian seperti inkonsistensi data diantara unit-unit dalam perusahaan.
c.   meningkatkan produktivitas di area supply chain, manufacturing dan pengadaan produk.
d.     meningkatkan pelayanan kepada customers yang semakin memperkuat daya saing karena tingkat penggunaaan media internet oleh customers di Indonesia yang begitu besar.
e.   membantu perusahaan mempercepat development dan mensimulasikan peluang bisnis baru.
(Sumber : Majalah SWA Sembada Edisi Januari 2010 )
Contoh penerapan konsep e-Business perusahaan di Indonesia :
a.        PT Allianz Utama Indonesia
Perseroan ini bergerak di bidang asuransi. Berbagai macam bentuk persaingan yang sudah berkembang di industri asuransi di Indonesia. PT Allianz mulai menerapkan konsep e-Business dalam perusahaannya yang berusaha mengoptimalkan kinerja bisnisnya yaitu melakukan terobosan baru dengan mengimplementasikan e-Partner Application.
e-Partner Application adalah aplikasi e-Business berbasis teknologi client server dengan penggunaan relational database SQL Server 2008 dan Windows Server 2008 untuk menghubungkan semua channel distribusi secara online real-time yang terintegrasi dengan semua ekosistem TI Asuransi Allianz Utama Indonesia.
Terobosan ini memiliki tujuan nyata dalam mendukung time to market yang lebih cepat yaitu kecepatan dalam peluncuran produk ke pasar, bisa complaint dengan regulasi ataupun standar industri, pelayanan yang lebih baik kepada nasabah melalui operational excellence, mengurangi kompleksitas proses kerja dan Total cost of Ownership dan mewujudkan sistem yang standar sesuai dengan tuntutan regulasi dan industri serta dalam proses mencetak, menerbitkan dan mengirimkan polis ke nasabah yang sebelumnya dalam hitungan hari sekarang bisa diselesaikan dalam hitungan menit.
Penggunaan e-Partner lebih mengarah ke konteks strgategi bukan pemanfaatan TI semata karena lebih mengacu pada Allianz Global IT Strategy. Ada 3 pilar strategy yaitu revunue yang didasarkan pada konektivitas dengan pelanggan, profitabilitas yang didasarkan pada integrasinya dengan para mitra bisnis, dan produktivitas yang didasarkan pada pemberdayaan karyawan.
Bukti dari penggunaan konsep e-Business semakin diperbaharui yang mengikuti arus perkembangan IT telah berhasil meningkatkan produksi 158,6% di atas target awal (Rp. 75 miliar menjadi Rp. 119,2 miliar) dan penambahan 13,22% kontribusi dari Total Gross written Premium 2007 serta telah menjadi 3ST Winner dalam Indonesia Best E-Corp 2009.
       (Sumber : Majalah SWA Sembada Edisi Januari 2010 )

b.  PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk Indonesia
a. Lebih dikenalnya perusahaan ini di kalangan masyarakat yang akhirnya dapat  memperluas pangsa pasar perusahaan (sarana promosi).
b.    Adanya peningkatan citra perusahaan di mata pasar.
c. Terbukanya kesempatan untuk memperoleh investor lain, selain meningkatkan  kepercayaan investor lama.
d.    Timbulnya sikap kecintaan produk dan loyalitas dari konsumen, yang berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan akibat efek domino dari promosi yang  dilakukan melalui website.
e.  Perusahaan dapat menyampaikan berbagai informasi kepada semua pihak yang  berkepentingan dengan cepat, tepat dan efisien.
f.      Perusahaan memperoleh kemudahan dalam proses  rekruitmen karyawan.
http://staff.uny.ac.id
c.   Air Asia
Maskapai penerbangan terdepan Asia dibangun berdasar impian untuk memungkinkan semua orang dapat menikmati layanan penerbangan. Sejak tahun 2001, AirAsia langsung mengubah norma-norma perjalanan di dunia, dan muncul menjadi yang terbaik. Dengan jaringan rute yang membentang di lebih dari 20 negara, , AirAsia terus membuka jalan bagi penerbangan berbiaya terjangkau lewat solusi inovatif, proses efisien dan pendekatan yang baru dalam usaha ini. Bersama anak-anak perusahaan seperti AirAsia X, Thai AirAsia, Indonesia AirAsia, Philippines’ AirAsia Inc dan AirAsia Jepang, kami siap membawa penerbangan berharga terjangkau ke puncak pencapaian dengan keyakinan kami bahwa "Sekarang, Semuanya Dapat Terbang".
Manfaat e-bisnis terhadap perusahaan maskapai AIR ASIA antara lain :
1.   Memungkinkan para calon penumpang untuk melakukan reservasi melalui website secara online.
2.   Pemasaran melalui internet (jejaring sosial, website, newsletter, ads, dan lain sebagainya) dapat membuat promo menjadi lebih efektif menarik para calon penumpang.
3.   Nama perusahaan yang semakin dikenal masyarakat (citra Air Asia sebagai maskapai lokal maupun antar negara yang sangat terjangkau) melalui pemasaran di Internet.
4.    Memungkinkan para penumpang melakukan check-in dengan menggunakan web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar